Tes

 Administrasi?


Adalah proses kerja sama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Rangkaian kegiatan administrasi :

  • Sekelompok orang
  • Proses Kerjasama
  • Pencapaian tujuan

Administrasi merupakan salah satu bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target maupun tujuan organisasi. Dalam hal ini, administrasi dapat dibedakan ke dalam dua pengertian yang disampaikan para ahli.

Administrasi Dalam Arti Sempit

Menurut Handayaningrat, administrasi dalam arti sempit berasal dari kata administratie, yaitu meliputi kegiatan mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, pengetikan, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknik ketatausahaan.

Menurut Atmosudirjo, administrasi bisa ditinjau dari lingkup kerja sempit, yaitu hanya berkisar pada kegiatan tata usaha kantor (office work) seperti tulis-menulis, pengetikan surat-menyurat, agenda, kearsipan, dan pembukuan.

Administrasi Dalam Arti Luas

Menurut The Liang Gie, administrasi secara luas merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerja untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut Siagian administrasi sebagai suatu proses kerja sama antara dua orang manusia  atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu guna mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Administrasi dalam arti luas dapat dilihat dari tiga sudut pandang yaitu :
1. Proses
Administrasi sebagai keseluruhan proses yang dimulai dari pemikiran, perencanaan, pengaturan, penggerakan, pengwasan, hingga pencapaiaan tujuan.
2. Fungsi
Administrasi merupakan keseluruhan tindakan yang mau tidak mau harus dilakukan secara sadar oleh seseorang atau sekelompok organisasi sebagai administrator atau yang menduduki manajemen puncak organisasi.
3. Kepranataan (institusi)
Pranata atau institusi adalah norma atau aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus, pranata bersifat mengikat dan relatif lama serta memiliki ciri-ciri tertentu yaitu simbol, nilai, aturan main, tujuan.

Administrasi mempunyai peranan penting dan krusial di dalam rangkaian aktivitas organisasi atau perusahaan.

Komentar